Senin, 31 Mei 2010

Sejarah Os Apple



Pada komputer, sebuah desktop environment (DE) (lingkungan meja} umumnya merujuk ke gaya grafis antarmuka pengguna (GUI=Graphical User Interface) yang mememperlihatkan kiasan meja kerja di layar komputer modern.DE adalah alternatif yang paling populer sebagai pengganti antarmuka baris perintah (CLI=command line interface) yang saat ini umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer.Sebuah DE biasanya terdiri dari ikon, sistem jendela (window), toolbar, folder, latar belakang (wallpaper), dan desktop widgets. (Lihat WIMP).Sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X masing-masing mempunyai DE tersendiri. UNIX/Linux juga mempunyai pelbagai DE, diantaranya yang terpopuler adalah GNOME dan KDE.



Sejarah


Apple Inc. adalah pengembang sistem operasi pertama yang menyediakan DE pada komputer pribadi, yaitu di Apple Lisa. Namun DE pertama dibuat oleh Xerox, dan telah dijual dalam Xerox Alto pada tahun 1970-an. Alto sebenarnya dimaksudkan oleh Xerox untuk menjadi komputer kantor pribadi, tetapi gagal di pasar karena buruknya pemasaran dan harga yang sangat tinggi.


Saat ini, hampir semua komputer pribadi sudah diinstal dengan sistem operasi yang menyediakan sebuah DE. Umumnya, komputer-komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS yang memiliki DE yang relatif tak dapat diubah-ubah.


DE lainnya yang semakin populer,adalah yang diperuntukkan bagi sistem operasi Linux (atau keluarga Unix lainnya) yang menggunakan X Window System termasuk KDE, GNOME, Xfce dan Common Desktop Environment (CDE).


Sejumlah lingkungan desktop lain juga ada, termasuk (namun tidak terbatas pada): Aston, Equinox Desktop Environment (EDE), Graphical Environment Manager (GEM), IRIX Desktop Interaktif, Java Desktop System (JDS) dari Sun, Mezzo, Proyek Looking Glass, ROX Desktop, UDE, Xito, XFast.


Adalagi window manager yang dapat berdiri sendiri tanpa menggunakan DE namun menggunakan komponen-komponen yang fungsinya mirip dengan DE, seperti Enlightenment. Juga Window Maker dan AfterStep, yang keduanya menggunakan fitur GUI dari NEXTSTEP.


Selain itu, juga ada turunan Workbench (DE dari sistem operasi Amiga), yang dipakai AmigaOS 4.0, MorphOS dengan Ambient desktop-nya, ScalOS, AROS dengan Zune graphical environment-nya, dll.


Ada pula Workplace Shell pada IBM OS/2 atau eComStation.


Proyek BumpTop adalah DE eksperimen dengan pendekatan tiga dimensi menampilan meja kerja maya (virtual) dimana dokumen-dokumen dapat diatur bagaikan di atas meja kerja sesungguhnya.




Sumber : tulisdunia.blogspot.com | Ernest Jeremi

0 komentar:

Template Design by SkinCorner