Senin, 19 April 2010

Analisis Matrix SWOT



Salah satu model perencanaan strategis adalah analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats).

S dan W mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan internal perusahaan dalam hal ini berkaitan dengan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemberian motivasi dan pengendalian). S dan W juga mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pada fungsi bisnis yaitu : merancang pemasaran dan produk; produksi dan penawaran; sumber daya manusia; dan keuangan.

O dan T merupakan analisis eksternal – berupa peluang dan ancaman yang meliputi aspek : sosial, teknologi, ekonomi, politik, hukum, lingkungan, demografi dan pesaing.

Dalam analisis matrix SWOT diterapkan sistem “skoring” untuk unsur-unsur yang dianggap penting. Makna pemberian persentase skor dapat terlihat pada tabel berikut.


Skor SWOT

Makna

%




90 –

100

Tertinggi untuk SWOT


80 –

89

Sangat tinggi atau jelas SWOT


70 –

79

Tinggi SWOT


60 –

69

Unsur penting SWOT


50 –

59

Parsial SWOT


40 –

49

Salah satu atau dua wilayah saja SWOT


30 –

39

Kecil sekali SWOT


20 –

29

Hampir tidak ada SWOT


0 – 19

Tidak ada SWOT


“Bobot” menunjukkan kepentingan relatif dari sub-elemen dalam komponen SWOT pada setiap perusahaan dari waktu ke waktu. Untuk perusahaan baru, aspek S dan W –nya tentu berbeda dengan perusahaan yang sudah berdiri, khususnya di aspek kinerja. Di sini analisis harus mencatat berbagai macam perbedaan yang ada pada laporan tersebut.



Sumber : berbagai sumber


0 komentar:

Template Design by SkinCorner